Kamis, 18 Februari 2021

Bahadur Kian Masyhur


KamisMenulis-SwakaMargaKata-Bahadur

Bahadur Kian Masyhur

Oleh : Imam Syafii

 

Program mingguan Komunitas Lagerunal #KamisMenulis edisi 18 Februari 2021 kembali menghadirkan tantangan #SwakaMargaKata dengan tema bahadur. Sebuah tantangan yang membuka cakrawala kita untuk kembali mengenal, memperkaya, memelihara dan menggunakan kata yang tidak lazim dalam konteks berkata-kata dan berbahasa di tengah masyarakat kita. Namun faktanya, kata itu masih terjaga dalam kamus bahasa kita. Sebuah pilihan kata kedua yang sangat tepat menurut saya setelah pilihan kata Lose pada edisi sebelumnya.  


Baca Juga: KamisMenulis - Lose


Mengangkat tema kata bahadur tentunya akan merangsang keingintahuan kita untuk mendiskusikan lebih mendalam baik dengan bahasa lisan maupun bahasa tulis. Memahami kata yang tidak pernah digunakan dalam keseharian kita. Intinya adalah bagaimana kita mampu mengeksplorasi kata yang tidak biasa ini menjadi kata yang biasa dalam berkata dan berbahasa. Menyebut kata pahlawan atau satria menjadi hal yang biasa kita ucapkan dan kita tuliskan, akan tetapi kita jarang sekali menggunakan kata bahadur yang memiliki arti yang sebenarnya sama yaitu pahlawan; satria jika ia berkedudukan sebagai kata benda. Sementara sebagai kata sifat bahadur berarti gagah berani menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). 


Tertarik untuk menelusuri lebih mendalam kata bahadur, saya mencoba mencari persamaan kata atau sinonimnya melalui search engine Google, dengan mengetikkan kalimat sinonim kata bahadur. Benar saja, tidak membutuhkan waktu yang lama maka muncullah beberapa kata sinonim bahadur. Mata saya pun tertuju kepada salah satu alamat link https://lektur.id/sinonim-bahadur/#sinonim, dengan judul  “47 Sinonim Kata Bahadur di Tesaurus Bahasa Indonesia”. Dengan satu gerakan mouse mengarah ke alamat link tersebut diikuti suara klik yang terdengar saat jari tangan menekan satu kali, maka terpampang di layar laptop barisan sinonim kata bahadur yang kian masyhur dengan 47 kata sinonimnya. 


Baca Juga: KamisMenulis - Muara Kelingi Selayang Pandang 


Mengapa saya katakan kian masyhur? Tantangan#KamisMenulis menjadikan kata bahadur dibaca setidaknya oleh sebanyak 169 anggota peserta yang tergabung dalam grup Cakrawala Blogger Guru Nasional (Lagerunal). Membacanya pun tidak sekali, bisa jadi puluhan kali oleh karena mengulang dan membuka setiap link yang dikirimkan peserta dari list tantangan #KamisMenulis. Kata bahadur kian masyhur saat berada di tangan-tangan pemegang karya luar biasa para pengolah kata dan bahasa. Kata bahadur menjelma menjadi karya sastra bermakna berupa puisi Patidusa, Patidusa Tangga, Darik, Akrostik, Artikel, Cerita Tokoh Inspiratif dan Antagonis, dan lain sebagainya. Kata bahadur sungguh menarik dan menggelitik bagi para penikmat literasi asyik.


Untuk itu, mari kita perhatikan bagaimana kemasyhuran bahadur melalui 47 sinonimnya. Berikut ini adalah 47 sinonim dari kemasyhuran kata bahadur: 1. Wira, 2. Hero, 3. Johan, 4. Kesatria, 5. Laki-laki, 6. Lelaki, 7. Pahlawan, 8. Pemberani, 9. Pendekar, 10. Perwira, 11. Berani, 12. Jantan, 13. Jago, 14. Satria, 15. Wirawan, 16. Opsir, 17. Bagak, 18. Kosen, 19. Perkasa, 20. Bertenaga, 21. Energik, 22. Gagah, 23. Kuat, 24. Kukuh, 25. Tangguh, 26. Cempiang, 27. Jagoan, 28. Jawara, 29. Samseng, 30. Gagah berani, 31. Jaduk, 32. Kebal, 33. Weduk, 34. Ampuh, 35. Sakti, 36. Bahaduri, 37. Dakar, 38. Nekad, 39. Nyali besar, 40. Pelupuk mata, 41. Percaya diri, 42. Tabah, 43. Tegar, 44. Tetap hati, 45. Bangga, 46. Besar hati, 47. Mangkak. 


Baca Juga: Aku Menantimu Lose 


Mencermati kemasyhuran kata bahadur yang memiliki 47 sinonim merujuk kepada Tesaurus Bahasa Indonesia, saya jadi teringat salah satu tokoh dalam sebuah cerita drama kolosal Indonesia di zaman kerajaan sebut saja cerita itu ‘Angling Dharma” yang menghiasi layar kaca salah satu stasiun TV Swasta Indonesia kala itu. Tokoh Bahadur, merupakan salah satu tokoh antagonis yang juga sangat masyhur sebagai sosok laki-laki (5) yang jago (13).  Merupakan pendekar (9) dan jawara (28) berilmu hitam sakti  (35) ampuh (34) dengan ilmu sihirnya. Sifatnya pemberani (8) yang selalu berani (11) tangguh (25) dan kuat (23) sehingga sulit dikalahkan karena memiliki kepercayaan diri (41), akan tetapi tidak masuk dalam golongan kesatria (4) karena selalu berusaha melawan musuhnya dari arah belakang sehingga perannya tidak begitu mencerminkan dirinya sebagai Bahadur yang sebenarnya.


Seorang Bahadur yang diharapkan adalah lelaki (6) yang wira (1) jantan (12) tanggung (25) bernyali besar (39) dalam setiap pertempuran dan gagah berani (30) kebal (32) terhadap seluruh senjata sehingga ia bertempur dengan gagah (22) bernyali besar (39) penuh percaya diri (41) tangguh (25) dan perkasa (19) menjadi sosok yang kuat (23) bertenaga (20) tegar (43) tabah (42) sebagai seorang pahlawan (7) dan kesatria (4) sejati yang gagah berani (30) untuk membela bumi pertiwi hingga mashyur ke penjuru negeri.


Baca Juga: KamisMenulis - Kroyok Blog


Meskipun demikian, sosok bahadur akan tetap masyhur, selalu dikenang dalam cerita-cerita zaman oleh generasi yang tidak akan hilang. Jasanya akan tetap membumi tidak akan pernah pergi meski waktu dan zaman berganti seiring perputaran bumi mengikuti ketetapan Ilahi. Tugas kita adalah menjadi bahadur-bahadur pelanjut generasi dan melahirkan generasi bahadur ke seluruh negeri. Salam literasi.





28 komentar:

  1. Ulasan yang runut dan enak dibaca, Bapak. Semakin manyadari tugas berat melahirkan bahadur masa depan. Insyaallah tetap semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nembah nuwun master atas apresiasinya..mencoba merangkai kata bahadur. nembah nuwun..

      Hapus
  2. Nembah nuwun master atas apresiasinya..mencoba merangkai kata bahadur. nembah nuwun..

    BalasHapus
  3. Luar biasa, terimakasih, informatif sekali, menambah pengetahuan ttg bahadur..

    BalasHapus
  4. Terima kasih ambu. Berusaha menjawab tantangan Kamis menulis dr Master MazMo..

    BalasHapus
  5. lengkap sekali, Bapak.
    terimakasih tulisannya informatif

    BalasHapus
  6. Terima kasih bu pipit. Berusaha menjawab tantangan kata bahadur

    BalasHapus
  7. Apalah arti sebuah nama, Pak. Meskipun begitu, kita diminta untuk memberi atau memanggil dengan nama yang baik.

    BalasHapus
  8. Luar biasa,,
    Trimaksih sahabat atas pengetahuan hari ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih pak, belajar menjawab tantangan hari ini "bahadur".

      Hapus
  9. Balasan
    1. Terima kasih bu, mencoba mengenali kata bahadur meskipun kata pahlawan lebih menjadi pilihan utama

      Hapus
  10. Jadi tahu lebih banyak ttg bahadur.Terimakasih Bapak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama bu, sama-sam belajar tentang bahadur

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Wah 👍 lengkap ulasannya. Jadi pembaca dapat ilmu baru dengan sudut pandang yang beragam.terima kasih 🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima Kasih bu. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita tentang tema Bahadur dari Master MazMo

      Hapus
  13. Ternyata Bahadur punya makna banyak ya...terima kasih ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama pak, saya juga masih belajar memahami kata Bahadur.

      Hapus
  14. Ternyata banyak sekali sinonim, Bahadur.
    Terimakasih ilmunya, satu hari dapat banyak kata baru yang dipelajari.

    sehat Selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul maser indra. Saya juga masih belajar. Terima Kasih

      Hapus
  15. Ulasan yang menarik untuk di baca

    BalasHapus
  16. Ternyata kita sama pak...teringat kisah Angling Dharma..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak nasirun. Sering nonton dulunya..hi3

      Hapus